Pengertian Pelayanan di Restoran Adalah - Fungsi, Tujuan, Sistem Pelayanan dan Jenis-Jenis Pelayanan di Restoran

Pengertian Pelayanan di Restoran

Pelayanan adalah suatuy ang diidentifikasikan secara terpisah, tidak berwujud dan ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan, sehingga dapat diambil pengertian bahwa pelayanan merupakan suatu manfaat yang diberikan oleh satu pihak kepada pihak lain dan biasanya tidak berwujud.

 

Fungsi dan Tujuan Pelayanan di Restoran

Fungsi Pelayanan di Restoran :

Fungsi pelayanan adalah melayani,menyediakan,dan menyajikan dengan layanan yang memuaskan kepada pelanggan.Dan yang paling penting adalah unsur pelayanannya atau service yang diberikan kepada tamu/pelanggan.

Tujuan Pelayanan di Restoran :
  • Memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan atau masyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan.
  • Membuat pelanggan merasa diperhatikan segala kebutuhannya.
  • Menjadi media yang potensial dalam merangsang meningkatnya kedatangan tamu di restoran.
  • Meningkatakan omset penjualan.

 

Baca Juga: Pengertian Gueridon Service - Alat Bantu, Perawatan, Keamanan Dalam Memasak, dan Penyajian Cara Perancis (Gueridon Service)

 

Alasan Penentuan Sistem Pelayanan di Restoran :

Rumah makan cepat saji yang semakin banyak berdiri, akan langsung berhadapan dengan 2 hal penting, yaitu pesaing dan tuntutan konsumen. Kedua hal ini saling berkaitan, dimana tidak terpenuhinya tuntutan konsumen, berarti, pesaing yang memenangkan kompetisi, begitupun sebaliknya. Dan tuntutan pelanggan rumah makan cepat saji ini memang belum terpenuhi dengan baik, terbukti 31% konsumen menyatakan bahwa kualitas pelayanan rumah makan cepat saji hanya “biasa”, dan bahkan 17% konsumen menyatakan “tidak baik”.Ekspektasi konsumen sudah seharusnya diperhitungkan dengan baik dalam semua tahap perencanaan, persiapan, maupun pelaksanaan insudtri rumah makan cepat saji. Ekspektasi yang terpenuhi pada preferensi terhadap layanan yang dianggap penting oleh konsumen, merupakan hal yang krusial, walaupun persepsi minus terhadap layanan dengan preferensi yang lebih rendah juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan.

Beberapa aspek pelayanan terpenting dalam memenuhi kepuasan pelanggan berhasil terdefinisi, diantaranya kebersihan ruangan, perabotan, keramahan pegawai, keamanan fasilitas fisik dan sebagainya. Dengan panduan literatur mengenai rumah makan, desain rekomendasi yang berfungsi sebagai solusi masalah di atas dapat dibentuk. Dengan batasan kenaikan tarif yang dapat diterima oleh konsumen dari hasil observasi melalui prinsip WTP yaitu sebesar 5%, diharapkan manajemen rumah makan mampu menyediakan sistem pelayanan rumah makan yang dapat memenuhi ekspektasi konsumen, namun tetap dalam jangkauan konsumen untuk menikmati layanan tersebut.Selain itu, penentuan sistem pelayanan di restoran hendaknya memperhatikan kebutuhan den selera konsumen yang berada di sekitar kita.Misalnya, banyak wisatawan asing yang berada di lingkungan tempat restoran berdiri,sehingga hal ini dapat menjadi faktor penentu untuk memilih sistem pelayanan apa yang banyak disukai oleh mereka,seperti sistem pelayanan American service sampai Buffet.

 

Jenis-Jenis Pelayanan di Restoran

  

 


American service (sistem pelayanan ala Amerika)

American service adalah salah satu bentuk pelayanan yang dimana makanan sudah diporsikan atau disiapkan diatas piring. american service adalah salah satu pelayan yang sering digunakan dihotel pada saat ini. Setting table set up yang digunakan dalam pelayanan american service adalah sebagai berikut:

Mempunyai ciri – ciri antara lain sebagai berikut.
  • Sifat pelayanannya sederhana, tidak resmi, dan cepat. 
  • Makanan sudah siap ditata dan diatur di atas piring. 
  • Disajikan kepada tamu dari sebelah kiri.  
  • Piring kotor diangkat dari sebelah kanan.


English service (sistem pelayanan ala Inggris)

Pelayanan ini digunakan oleh keluarga bangsawan di Inggris. Makanan tersedia di meja dan diatur oleh nyonya rumah dalam piring dan dihidangkan kepada tamunya dan nyonya rumah tersebut biasa disebut hostess. Jadi, service ini banyak digunakan di rumah tangga. Contoh yang paling umum adalah jika ada yang berulang tahun, maka yang berulang tahun akan memotong kue dan langsung memberikannya kepada tamu. Service ini sudah tidak banyak lagi dipergunakan dalam bisnis karena sangat merepotkan tuan rumah, tetapi untuk acara tertentu masih digunakan pada acara Thanks Giving Day di Amerika Serikat. Untuk di Indonesia seluruh makanan di letakkan dihadapan tamu, sehingga tamu dapat mengambil sendiri makanan yang diinginkannya.


French service

French service adalah suatu tipe pelayanan yang sifatnya formal atau resmi. Awalnya pelayanan ini digunakan untuk tamu bangsawan. Sekarang ini disukai untuk orang yang ingin mendapatkan pelayanan yang mewah. Makanan satu persatu datang dari dapur dan setibanya di ruang restaurant dimatangkan dekat tamu dengan menggunakan ”range oven atau rechaud oven”. Setelah matang ditata atau disusun di atas oval platter dengan menggunakan guerdion dan dihias dengan hiasan yang baik kemudian satu persatu hidangan tersebut ditawarkan oleh waiter secara berurutan kepada tamu. Pelayanan jenis ini mempunyai ciri menyajikan makanan utama secara utuh. Bila tamu telah memilih bagian dari hidangan makanan yang disukai, kemudian dipotong oleh waiter yang telah ahli serta disajikan langsung ke atas piring tamu, yang terbuat dari peralatan service serta dekorasi yang baik dan mahal.

Table set up yang digunakan untuk france service adalah sebagai berikut:

 


Russian service

Pelayanan jenis ini sering disebut juga dengan modified french service karena dalam beberapa hal mempunyai kesamaan dengan french service. Pelayanan ala rusia sifatnya sangat formal, mewah dan para tamu merasa mendapatkan perhatian yang luar biasa dari petugas. Perbedaan yang menonjol antara rusian dengan french adalah:

  • Russian service memerlukan seorang waiter, sedangkan French service memerlukan dua orang waiter.
  • Makanan yang disajikan pada russian service disiapkan sepenuhnya di dapur, sedangkan french service sebagian disiapkan di dapur dan di restoran.


Cara pelayanan rusian sevice adalah sebagai berikut:

  1.  Service Makanan Pembuka - Pramu saji pertama membawa makanan pembuka, menawarkan dan menyajikan kepada tamu. Pramu saji kedua membawa pilihan dressing, menawarkan dan menuangkan ke makanan pembuka tadi yang disajikan oleh pramusji pertama.
  2. Service Soup - Pramusaji pertama membagikan mangkuk soup kesetiap tamu. Pramusaji kedua membawa soup kemusian menawarkan dan menuangkannya ke dalam mangkuk yang dibagikan oleh pramusaji pertama.
  3. Service makanan utama :Pramusaji pertama membawa makanan utama, kemudian menawarkan, memorsikan dan menyajikannya.,Pramusaji kedua membawa pilihan sauce keudian menawarkan dan menuangkan diatas makanan utama tadi yang dibawa oleh pramusaji pertama.,Pramusaji Ketiga membawa pilihan makanan pendamping (dalam hal ini kentang dan sebagainya) kemudian menawarkan, memorsikan dan menyajikannya.,Pramusaji ke empat membawa pilihan makanan pendamping lainnya (dalam hal ini sayuran atau semacamnya) kemudian menawarkan, memorsikan dan menyajikannya.
  4. Service makanan penutup - Pramusaji pertama membawa pilihan atau satu macam makanan penutup (dessert) kemudian menawarkan, memorsikan dan menyajikan.


Baca Juga: French service / Gueridon Service Adalah - Menu, Jenis Gueridon Trolley, Peralatan, ciri ciri, kelebihan dan kekurangan gueridon service



Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Pelayanan di Restoran Adalah - Fungsi, Tujuan, Sistem Pelayanan dan Jenis-Jenis Pelayanan di Restoran. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya

 

Penelusuran yang terkait dengan Jenis Pelayanan Restoran

  • jenis-jenis pelayanan di hotel
  • sebutkan dan jelaskan 4 jenis table service
  • english service adalah
  • french service adalah
  • bagaimana langkah-langkah american service
  • apa yang dimaksud dengan carry out service
  • counter service adalah
  • bagaimana tata meja pada restoran swalayan counter service restaurant

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel